Wednesday, January 1, 2014

Dana Keistimewaan DIY untuk Program yang Mubazir

Dana Keistimewaan DIY untuk Program yang Mubazir

TEMPO.COYogyakarta - Meski Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan dana keistimewaan belum cair, Pemerintah DIY malah memakai dana talangan untuk program yang berlabel keistimewaan. Untuk menghabiskan dana termin pertama Rp 173 miliar itu dibuat program yang salah satunya menyasar karang taruna berupa pelatihan pertanian. “Karang taruna diminta mengirimkan enam perwakilan tiap kabupaten/kota, dilatih bimbingan teknis soal pertanian,” kata pejabat di Dinas Sosial Kota Yogyakarta Tri Maryatun, Kamis, 21 November 2013.

Tri mengikuti pertemuan sosialisasi program keistimewaan dengan Dinas Sosial DIY. “Semua program langsung diturunkan berdasarkan kesepakatan karena waktunya yang mepet, hanya satu bulan,” katanya. Menurut Tri, program pelatihan itu akan berlangsung sepekan. Tiga hari di ruang kelas, dan empat hari di lapangan. “Pemerintah DIY menjamin  semua peserta akan didampingi sampai bisa.”

Masalahnya, di Kota Yogyakarta, kini hanya tersisa secuil lahan pertanian di kawasan Umbulharjo. Tapi Pemerintah Kota Yogyakarta tak mampu menolak program yang tak tepat sasaran itu. “Karena sudah disepakati empat kabupaten,” kata Tri.

Pilihan program keistimewaan ini dikecam anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Muhammad Syafii. “Hanya asal terlaksana dan habis anggarannya, ya, sama saja,” katanya. Kolega Muhammad, Bagus Sumbardja, minta ada perlakuan khusus untuk Kota Yogyakarta. “Kalau disamaratakan, ya, dana istimewa itu mubazir, mau direalisasikan buat apa hasil pelatihannya?” kata Bagus.

Program kegiatan keistimewaan dari Dinas Sosial sudah mulai diadakan kemarin di Gunung Kidul dan Kulonprogo. Kegiatan itu berupa gotong royong membangun tanggul, irigasi, dan pembenahan lingkungan untuk mengurangi risiko bencana alam, juga acara lomba karawitan antar-karang taruna. Adapun kegiatan yang telah dijalankan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY adalah Sekatenan Buku 2013 di halaman restoran McDonald, Jalan Sudirman, Yogyakarta, Selasa, 19 November 2013, dan seminar Center of Excellence 2013 di Hotel Jayakarta, Kamis, 21 November 2013.

PRIBADI WICAKSONO | PITO AGUSTIN RUDIANA

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/11/21/058531418/Dana-Keistimewaan-DIY-untuk-Program-yang-Mubazir

No comments:

Post a Comment